Menantang Alam Timur Gunungkidul


Siapa sangka Gunung Api Purba di Gunungkidul tidak hanya Nglanggeran saja? Ternyata masih ada pula Gunung Gambar yang berada di bagian Utara dan Gunung Batur yang berada di bagian selatan. Siapa sangka bukan? Gunungkidul yang terkenal akan asumsi “kering” dan “gersang” dulunya terdapat gunug api yang mampu menyuburkan tanahnya.

Gunung api purba yang sangat terkenal adalah gunung api purba Nglanggeran yang berada di Kecamatan Patuk. Namun masih ada dua gunung api purba lainnya, yaitu Gunung Gambar yang berada di Kecamatan Ngawen, dan Gunung Batur yang berada di kecamatan Tepus. Dari ketiga gunung api purba yang ada di gunungkidul, Gunung Batur merupakan gunung yang bisa dikatakan paling unik. Alasannya adalah bahwa gununug api purba ini berada tepat di pinggiran pantai laut selatan.


Untuk dapat mencapai gunung batur dan wilayah Pantai Batu Lumbung, akses yang dilalui cukup menguras tenaga. Pintu retribusi pantai ini masih dalam satu wilayah dengan Pantai Wediombo, kemudian sebelum turunan pantai wediombo di kanan jalan ada jalan corblok menuju persawahan penduduk. Jalan ini masih cukup layak dilewati, mungkin hampir 3 km. selanjutnya medan yang berat, jalan menurun tajam dengan jalan yang masih berupa tanah liat yang mulus. Karena saat itu tanah nya kering, jadi jalannya enak untuk dilalui, tetapi saat musim hujan disarankan jangan melewati jalan ini dengan kendaraan bermotor. Lebih baik memarkirkan kendaraan di pertigaan batas antara jalan corblok dengan jalan tanah.

Selanjutnya jika sudah sampai di tempat parkir pantai watu lumbung kita masih harus menuruni tebing curam dan butuh kewaspadaan. Jalan menuruni tebing ini memangsedikit berbahaya, namun tinggal mengikuti jalan setapak yang sudah ada. Ada dua jalan untuk menuruni tebing ini, jalur lurus dan jalur kiri. Jalur lurus memiliki turunan yang curam dan sedikit merepotkan, sementara jalur kiri meskipun sedikit memutar namun lebih mudah untuk dilalui.

Sampailah di pantai Watu Lumbung. Dua Batu yang terpisah dengan daratan menegaskan bagaiamana pantai ini dinamakan Watu Lumbung. Sungguh mengagumkan. Sebuah gunung api purba ditepi lautan samudera hindia.

Oiya, jika ingin menyebrang ke watu lumbung, tunggulah saat siang di mana air akan surut sehingga jalan penghubung antara daratan dengan watu lumbung akan terlihat dan tidak tergenang air.

Jadi siap berkunjung ke Pantai Watu Lumbung dan Gunung Batur?

Tips
1. Jangan datang kemari saat musim hujan.
2. Persiapkan fisik dan air minum, karena perjalana akan menguras tenaga
3. Gunakan sepatu atau sandal gunung.
4.  Jangan enggan menyapa penduduk sekitar dan mengajaknya berfoto, karena ladang warga sangat indah menjadi background foto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Beginning : One Ok Rock dan Larc-en-Ciel

Pesona Gunung Panggung