Tekad Kuat #bridgingcourse


Setelah melalui ujian nasional dan dinyatakan lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas, seorang siswa akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang Universitas. Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh bagi lulusan SMA untuk melanjutkan ke Universitas di tahun 2013 ini. Yaitu  jalur Undangan (SNMPTN), Jalur tes tertulis nasional  (SBMPTN) dan jalur mandiri (UM).  Untuk SBMPTN dan SNMPTN Pemerintah bekerja sama dengan beberapa PTN yang ada di Indonesia, seperti UI, ITB, UNS dan UGM.
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merupakan salah satu  universitas favorit bagi banyak lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikannya. Terdapat 18 fakultas, dan satu sekolah vokasi. Salah satu fakultas yang ada di UGM adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Di Fakultas ISIPOL terdapat 6 jurusan, yaitu : Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Manajemen Kebijakan Publik (AN), PSDK (Sosiatri), dan Ilmu Politik Pemerintahan.  

Sebagai seorang lulusan SMA, saya juga mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang Universitas, dan pilihan saya adalah untuk melanjutkan kuliah di Ilmu Komunikasi UGM. Ada beberapa alasan kenapa saya memilih melanjutkan di Ilmu Komunikasi UGM, yaitu :

            Yang pertama, Untuk tahun ajaran 2013/2014 ini, pihak Universitas melakukan penambahan kuota mahasiswa baru Ilmu Komunikasi  dari tahun 2012 yang berjumlah 70 orang dan di tahun 2013 ini dinaikan dua kali lipatnya menjadi 140 orang. Tentu saja hal ini semakin menambah peluang calon mahasiswa  untuk dapat menuntut ilmu di Jurusan Ilmu Komunikasi ini.

Yang kedua, prospek kerja dari lulusan Ilmu Komunikasi UGM sangat menjanjikan. Beberapa mahasiswa sering magang di berbagai media yang ada di Yogyakarta. Seperti di Metro TV, RRI, media-media cetak dan beberapa usaha percetakan dan usaha kreatif. Selain itu lulusan Ilmu Komunikasi UGM telah terbukti mampu menjadi orang-orang yang sukses. Seperti Jakob Oetomo direktur Kompas-Gramedia Group,  Ashadi Siregar yang terkenal akan karya-karyanya dan masih banyak tokoh panutan lainnya.

Selain itu faktor yang membuat saya bertekad semakin kuat untuk melanjutkan di Ilmu Komunikasi UGM adalah adanya restu dan dukungan dari orang tua dan kakak saya. Kakak saya yang juga merupakan alumni FISIPOL UGM jurusan Ilmu Politik Pemerintahkan menegaskan bahwa prospek kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi sangat menjanjikan. Mahasiswa Komunikasi pun sering magang di beberapa tempat dan itu dapat memberikan penghasilan dan pengalaman  bagi mereka.

Namun dari faktor-faktor yang telah saya sebutkan, faktor terpenting dari alasan kenapa saya bertekad untuk belajar di Ilmu Komunikasi UGM adalah minat saya  dan perpustakaan FISIPOL.  Saya memiliki minat dan hobi di dunia jurnalistik, terutama karya sastra. Sejak SMP saya memang sudah gemar untuk menulis dan pernah menjuarai lomba menulis cerpen tingkat nasional.

Selanjutnya adalah perpustakaan. Sejak saya SMP saya telah tertarik dengan SOE HOK GIE, seseorang yang tidak asing bagi mahasiswa.  Dengan diterimannya saya di FISIPOL UGM maka saya dapat mengakses buku-buku tentang perjuangan mahasiswa dan tentang kisah-kisah perjuangan menuntut keadilan, seperti SOE HOK GIE.

Secara garis besar, tekad  saya untuk melanjutkan pendidikan di Ilmu Komunikasi UGM dipengaruhi oleh dua hal, yaitu minat saya di jurnalistik  dan prospek kerja yang saya harapkan kedepannya. Dengan adanya niat dan tekad yang kuat, saya telah membuktikan bahwa  hari ini saya telah mampu mewujudkan satu dari sekian banyak cita-cita saya. Selanjutnya saya akan lebih bekerja keras lagi untuk menggapai cita-cita lainnya. Di Kampus UGM jurusan Ilmu Komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Beginning : One Ok Rock dan Larc-en-Ciel

Pesona Gunung Panggung