"GIE"


SOE HOK GIE sebuah nama yang tak asing bagi kita FISIPOL. Namanya begitu gencar terdengar bagi kita kalangan mahasiswa. Dialah aktivis mahasiswa yang paling terkenal di Indonesia. baik lewat karya-karyanya, tulisanya, puisi-puisinya dan dari pemikirannya
            Film Soe Hok Gie bagi saya adalah sebuah film action yang harus ditonton oleh semua mahasiswa. Kenapa? Karena didalam film ini dipenuhi oleh pemikiran-pemikiran Gie yang kontroversial, berani dan terkesan menentang segala hal yang salah dengan pemerintahan Orde Lama.  Film ini menggambarkan betapa kuatnya pengaruh mahasiswa di Indonesia. Aksi-aksi yang dilakukan oleh mahasiswa seakan memberi semangat kepada saya yang juga adalah seorang mahasiswa untuk tetap memperjuangkan kebenaran dan hak-hak yang seharusnya rakyat dapatkan.
            Selain itu Gie yang seorang Tionghoa, melalui tulisannya secara terus-menerus mengritik tajam masa kelam orde lama yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. Dan melalui tulisannyalah berbagai dukungan terus mengalir padanya. Dia membuktikan bahwa melalui tulisan dia dapat menggerakkan seluruh rakyat. Sepertihalnya peristiwa Rawamangun-Salemba, dimana para mahasiswa berdemonstrasi menuntut hak-hak rakyat. Tak luput, kisah pemberontakan G30SPKI pun turut mewanai film ini. Maklum saja fil ini mengambil setting pada tahun 1960-an.
            Selain mengisahkan tentang aksi-aksi menentang kebijakan pemerintah dan demonstrasi-demonstrasi, film soe hok gie juga menggambarkan keindahan gunung gede pangrango. Gie yang juga adalah seorang anggota MAPALA UI sangat gemar untuk mendaki puncak-puncak yang ada di Jawa, dan tak terpungkiri lagi bahwa akhir hidupnya harus berakhir di Gunung Semenru 16 Desember 1969 di usianya yang masih 27 tahun kurang 1 hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Beginning : One Ok Rock dan Larc-en-Ciel

Pesona Gunung Panggung