Cerita dari Lereng Kapur #bridgingcourse



 Kronologis
Sejak berdirinya kerajaan mataram di Pulau Jawa, wilayah Gunungkidul sudah berdiri. Hanya saja pada saat itu namanya masih Sumengkar. Munculnya daerah Sumengkar diawali dengan beberapa utusan Keraton Yogyakarta yang membabad hutan di daerah tersebut karena memang secara teritori wilayah tersebut menjadi milik Kasultanan Ngayogyakarta, kemudian berkembanglah  daerah itu menjadi beberapa pemukiman. Daerah-daerah itu pada masanya disebut sebagai kademangan. Kemudian terjadilah perebutan wilayah sumengkar oleh Kasultanan Ngaygyakarta dan Kasunanan Solo, namun pada akhirnya wilayah tersebut menjadi milik Kasultanan Ngayogyakarta sepenuhnya. Kemudian diangkatlah salah seorang tokoh pada saat itu, Pontjodirjan sebagai bupati yang pertama. Saat itu pusat pemerintahan berada di daerah yang sekarang bernama Kecamatan Ponjong dan Karang Mojo. Kemudian atas perintah Sultan, pusat pemerintahan itu dipindahkan ke Wonosari. Dan atas pertapaan yang dilakukan serta komunikasi yang dilakukan dengan Ratu Roro Kidul dan penguasa hutan saat itu, syarat diperbolehkannya berdiri wilayah Sumengkar adalah wilayah itu harus memiliki nama Kidul. Dan diputuskanlah nama Gunungkidul
Deskripsi
            Saat ini, Kabupaten Gunungkidul memiki potensi yang luar biasa. 18 kecamatan dengan berbagai potensi, seperti pantai yang indah dengan lautan biru dan pasir putih yang halus. Pantai-pantai seperti itu dapat dijumpai di sepanjang pesisir pegunungan seribu. Pantai-pantai itu antara lain adalah : Pantai Sadeng, Wedi Ombo, Siung, Pok Tunggal, Indrayanti, Ngobaran, Sepanjang, Kukup, Sundak, Krakal dan beberapa pantai lainya. Selain pantai, obyek wisata andalan kabupaten ini adalah goa dan sungai bawah tanah. Tempat yang dapat digunakan untuk cave tubing diantaranya adalah Goa Pindul dan Kali Suci. Untuk Goa vertical ada Luweng Cokro dan Luweng Jomblang. Hal ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Selain itu, adapula gunung api purba Nglanggeran yang diatasnya dibangun sebuah embung. Inilah yang unik dari Gunungkidul,  bendungan dibangun dibawah tanah dan dipuncak pegunungan.
Sebab akibat
Alasan mengapa di Gunungkidul banyak dijumpai sungai bawah tanah dan goa adalah karena seluruh wilayah Gunungkidul adalah daerah kapur atau karst. Dalam ilmu palaeontology, wilayah ini dibentuk dari sisa-sisa aktivitas makhluk laut yang terjadi ribuan tahun silam, kemudian secara bertahap dan terus menerus terjadi proses pengankatan dan jadilah Gunungkidul seperti saat ini, deretan pegunungan seribu yang menjulang tinggi di timur Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai daerah karst, banyak fenomena-fenomena fisik yang muncul di Gunungkidul, seperti adanya sinkhole, sungai bawah tanah, goa-goa dengan stalaktit dan stalakmit, dome, dan pantai berpasir putih.
Perbandingan
Jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Yogyakarta, mungkin Gunungkidul masih tertinggal.  Wilayah yang berada pada ketinggian menyebabkan sedikitnya sumber mata air di permukaan, sehingga masyarakat harus menggali sumur lebih dalam dari pada di daerah Bantul, Sleman, Yogyakarta dan Kulon Progo yang seharusnya hanya 4 meter namun menjadi 12 sampai 25 meter. Hal ini menyebabkan komoditi pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat Gunungkidul adalah ketela dan palawija. Namun hal itu hanya terjadi di bagian selatan. Bagian utara yang merupakan cekungan justru memiliki sumber mata air yang melimpah, sehingga komoditi utamanya adalah padi dan perkebunan. Selain itu, meskipun daerah kapur yang kering di bagian ini  dapat dijumpai pohon pinus dan cemara yang hanya tumbuh di daerah dataran tinggi.
Evaluasi
Meskipun terkenal akan kekeringan dan tingginya angka bunuh diri, Gunungkidul adalah wilayah yang potensinya sangat luar biasa. Pantai pasir putih, sungai bawah tanah, goa, gunung api purba dan makanan khas menyuguhkan hal yang unik untuk dinikmati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Disinilah negeri dimana belalang dan pagar dimakan. Tak ada keluh kesah, karena meskipun dianggap miskin masyarakatnya tetap memiliki tanah yang luas. Akan lebih afdol jika pembaca mengunjungi langsung obyek wisata yang ada di Gunungkidul dan menikmati betapa indahnya tempat itu sebenarnya. Selamat datang di Gunungkidul tercinta. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Beginning : One Ok Rock dan Larc-en-Ciel

Pesona Gunung Panggung